Sabtu, 05 September 2015

CARA PASANG PARABOLA

Cara Pasang Parabola
Langkah Pertama

Yang sering kali melupakan penting nya tahap awal pemasangan tiang dengan benar yang akan digunakan untuk meletakan / menyanyangga dish antena parabola type solid atau type mesh.

-Usahakan memasang tiang parabola Vertikal [ tegak lurus ].Agar memudahkan penyetelan dan harus kuat /jangan bergerak atau goyang.
Tips ini untuk yang anda kreatif dalam peraktek memasang sendiri antena parabola.
-Beberapa fakta yang sering teknisi temukan  kebanyakan pemasangan tiang goyang atau tidak tegak/ vertikal.
Cara Memasang Antena Parabola
Cara Pasang Parabola

 Langkah Pasang antena parabola sendiri.

yang harus diikuti setelah kita merakit, merangkaikan antena parabola menjadi satu bagian yang sebelumnya dibeli dalam keadaan terpisah-pisah. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
sebaiknya tiang penyangga (yg biasanya berupa pipa) di isi dulu dengan adukan semen cor ( untuk posisi yang di yakini tidak akan berpindah).
setelah semua frekwensi yg kita ketahui di dapat signalnya barulah kita atur di receiver, cari menu untuk pilihan scan otomatic/ auto scan/ cari buta, tunggu sampai semua chanel muncul kemudian tekan OK untuk save/ simpan. Disini anda sudah bisa menikmati gratis chanel Free To Air.



1.       Tanamkan tiang penyangga/ dudukan mounting antena parabola, tegak lurus dengancara di lihat dari sudut yang berbeda juga. (tinggi tiang sebaiknya di sesuaikan dengan postur badan anda sehingga mempermudah pengaturan antena parabola nanti, pilih lokasi untuk menempatkan antena bebas dari halangan, tembok, pohon, dll yang bisa menghalang arah pencarian nantinya).
2.       Letakkan dish/ antena parabola pada dudukan dish yang di pancangkan terlebih dahulu (apabila anda menggunakan bahan semen pada dasar tiang, anda harus menunggu sampai semennya keras & siap untuk di letakkan antena parabolanya). Usahakan posisidish tegak lurus.
3.       Agak kencangkan baut-baut penahan yang ada di pangkal antena (adanya di bagian mounting) yang di letakkan sesuai tahap 2 supaya bisa di gerak-gerakkan untuk mencari arah mata angin Barat, Utara juga sudut kemiringan antena terhadap garis katulistiwa.
4.       Pasangkan LNB di antenna parabola dilanjutkan dengan memasangkankonektor F untuk menghubungkan antena ke receiver.
5.       Hubungkan konektor F dari antena ke receiver (hubungkan juga kabel dari receiver ke monitor tv pakai vga, component, HDMI cable).
6.       Atur satelit/ parameter transponder satelit, chanel yang akan kita cari, masukkan salah satu chanel untuk di jadikan acuan mendapatkan chanel satelit yang akan kita tampilkan (pada kolom bagian atas itu untuk melihat kekuatan signal LNB (kwantitas signal), kolom di bawahnya untuk melihant kekuatan signal (kwalitas signal) dari chanel yang akan kita cari/ tampilan ini sering ditemui pda receiver biasa (DVB Mpeg-2) kalau menggunakan LNBF C Band maka pengaturan Freq. LO (Local Oscilator) LNB pilih 5150 atau 5157 untuk tipe One Cable solution (OCS) LNB, universal 9750/10600 untuk LNBF jenis Ku band offset/ prime focus, pilih 9750 untuk frekwensi di bawah 10000, 10600 frekwesi diatas 10000.
7.       Berikutnya dalah mengecek apakah STB sudah terhubung ke LNBF, bisa di lihat dengan cara sprti yg saya sebutkan di atas yaitu tekan Info. indikasi sudah tersambung adlah bila pada STB muncul P004, bila yg muncul P000 maka berarti STB belum terkoneksi dengan baik ke LNBF. silahkan cek kabel penghubungnya.
8.       Tahap ini sudah bisa mencari chanel dengan melihat pada monitor anda atau melalui tampilan pada STB (dengan menekan tombol Info tadi), coba gerakkan ke kiri kanan untuk mendapatkan arah Barat/ Timur yang merupakan arah orbit satelit, dorong ke atas bawah sambil melihat pada bar kolom kualitas signal di monitor biasanya di tandai dengan anka dan persen (%), atur sampai signal terkuat/ maksimal di dapat, sambil mengencangkan baut-baut yang ada pada pangkal antena parabola/ penahan mounting & aktuator/ besi penyangga antena (arah Barat ke Timur), jika anda memiliki motor penggerak/ aktuator bisa langsung di pasangkan sehingga nantinya kendali untuk menaikkan & menurunkan arah antena parabola langsung dari positioner atau bisa juga langsung dari receiver.
9.       untuk memudahkan pencarian di sarankan mencari dengan menggunakan frekwensi 03620 dan symbol rate 28000 polarisasi Horizontal atau frekwensi 03640 symbolrate 28000 polarisasi Vertikal. pada satelit Telkom. karen frekwensi ini lebih mudah dan lebih tinggi kwalitasnya. Usahakan pada frekwensi ini kwalitas signal mencapai 75% s/d 80% (pada STB P075 atau P080 )
1.   setelah kwalitas signal pada frekwensi diatas bagus barulah kita mencari pada frekwensi siaran lain misalnya antv, transtv dll. upayakan pencarian berurutan dari yg paling gampang hingga yg paling sulit. Frekwensi yang paling gampang selain yg di atas adalah TVN (Frek 03863, SR 04331, vertikal pada satelit Palapa. dan frekwensi yg paling sulit adalah RCTI & SCTV. 

0 komentar:

Posting Komentar