Minggu, 06 September 2015

DVB CARD

Pengertian dvb card adalah sebuah modul atau kartu untuk menerima siaran satelit yang bisa di kontrol melalui aplikasi di komputer.
Jadi  menggunakan dvb card mesti memakai komputer yang support dengan drivernya. Untuk pemasangannya sendiri sampai saat ini yang saya ketahui di bedakan menjadi dua. Yaitu melalui USB sering dinamakan DVB Card USB, dan melalui PCI atau DVB PCI Card.
Untuk sampai saat ini DVB card terdiri dari DVB S dan DVB S2 di pasaran, untuk DVB S3  masih jarang di pasaran, dvb card parabola itu juga termasuk receiver atau RX.
 Kualitas gambarnya setara dengan gambar DVD, bahkan lebih baik jika dibandingkan dengan ditonton melalui televisi. Card ini juga bisa digunakan untuk akses internet via satelit baik yang berbayar maupun yang gratis.
Untuk internet yang gratisan (dikenal dengan istilah grabbing), kita hanya bisa menerima file file dari internet (download), namun tidak bisa request (upload). Jadi kita hanya bisa menikmati hasil downloadan orang lain yang masuk ke komputer kita. Di indonesia kita bisa menggunakan satelite Palapa untuk menikmati internet gratis ini. Ada banyak file yang bisa kita dapatkan, mulai dari file multimedia, document, software dan tidak terkecuali VIRUS. Namun kita bisa menyaring/filter file apa saja yang ingin kita ambil. Untuk yang kedua yaitu internet berbayar via parabola tidak akan kita bahas sekarang.


Direkomendasikan komputer yang digunakan Pentium IV (setara) dengan OS Win XP serta memori yang tinggi (sekitar 512 Mb) dan harddisk yang lumayan besar sekitar 80G. Jangan lupa sisain 1 slot PCI untuk nancapin DVB Cardnya. Kenapa harus Pentium IV, karena kebutuhan Minimum untuk Hardware Computer : Clock speed adalah 700 MHz , Memory 128 MB, VGA 32 MB, Hard Disk 40 GB .Processor Celeron pun sudah mampu. Dibawah spesifikasi diatas mungkin bisa jalan tapi gambar akan terputus putus.

Contoh DVB CARD USB


Gambar diatas merupakan salah satu penampakan dari dvb s card usb, yang merupakan salah satu receiver parabola untuk komputer dan hanya support sampai MPEG 2. Harga dvb card usb ini kisaran 300 ribuan. Untuk di Indonesia sendiri dvb card usb sepertinya sulit untuk di temukan dan mesti order dari luar negeri.


dvb s pci atau mpeg 2


Untuk pengguna komputer desktop yang memiliki pci express maka tipe dvb card seperti gambar di atas semestinya di coba. Gambar diatas merupakan salah satu DVB S2 PCIE Card, dimana bekerja di pci express dan support juga video full HD. Jadi bisa menjadi pilihan untuk yang punya komputer desktop spek tinggi, kalau spek rendah mungkin bisa di pasang namun untuk menjalankan video full HD kadang bisa ngelag apalagi untuk ultra HD.


Gambar diatas adalah DVB S2 Card.  menggunakan DVB card tersebut. Sama dengan DVB S USB, perbedaannya jelas pada support kualitas video yang mencapai full HD. 

Keunggulan dvb card dan Kelemahannya. 
 Keunggulan dvb card usb ataupun PCI atau PCIE secara umum.Untuk bentuk DVB card sendiri banyak bentuk sesuai port yang di gunakan. Ada yang terbuka kalau memakai PCI atau PCIE, ada juga yang kotak jika menggunakan USB dengan di lengkapi adaptor external untuk power suplaynya. Dari berbagai macam bentuk DVB card tersebut cara memasang dvb card nya pun berbeda, ada yang mesti buka case CPU ada juga yang tinggal colok port USB.

Keunggulan DVB Card

  1. Bentuk kecil, tidak memakan tempat.
  2. Cara pasang dvb card sangat mudah apalagi yang sering bekerja dengan komputer
  3. Support berbagai acakan, tinggal memberikan plugin atau module pada DVB player
  4. Support berbagai macam file record, menyesuaikan dengan DVB playernya
  5. Bisa download file dari satelit
  6. Bila di lengkapi modul CAM bisa support banyak kartu CAM
  7. Mudah memperoleh data channel, screenshoot
  8. Mudah mengetahui jenis acakan channel tv parabola
  9. Record langsung di komputer, jadi durasi bisa semaunya menyesuaikan ruang di hardisk
  10. Bisa untuk membuat streaming TV melalui LAN, WIFI

Kelemahan DVB CARD

  1. Harga dvb-s2 card diatas rata rata, makanya sangat jarang yang punya DVB Card
  2. Gampang panas untuk tipe USB, apalagi untuk akses UHD atau full HD, mungkin karena case kecil, tapi bisa diakali dengan memberikan kipas external
  3. Kadang koneksi melalui USB putus dan harus restart jika menggunakan komputer spesifikasi rendah
  4. Cara memasang dvb card model PCI, PCIe sedikit ribet karena harus membuka case CPU, tapi hasilnya lebih stabil jika dibanding versi USB.
  5. Cara menggunakan dvb card bagi sebagian orang masih kesulitan karena harus install diver, player, tapi kalau sudah terbiasa akan lebih gampang.

0 komentar:

Posting Komentar