Minggu, 06 September 2015

CARA SEKAT LNB V/H MENJADI L/R

Sekat Lnb C ban berfungsi mengubah lnb yang tadinya polaritas V/H menjadi L/R,digunakan untuk lock satelit yang polarisasi l/r seperti satelit Yamal ,NSS 12 dll.Karena untuk membeli lnb L/r susah mending kita akali dengan memasang sekat.Sekat bisa menggunakan kawat tembaga dan talenan. Alat untuk sekat lnb memang bisa apa saja namun kemampuan maksimal memang berbeda. Walaupun cara sekat lnb yang benar sudah dilakukan namun kalau media untuk menyekat berbeda maka hasilnya akan berbeda.
1 Sekat lnb dengan Kawat 
memasang sekat LNB dengan kawat, dan kali ini memang hanya menggunakan kawat begel untuk kawat cor tiang rumah dengan diameter 3m. Untuk panjang sekat lnb kawat ini sama dengan diameter horn LN. Kalau anda ingin mencoba membuat sekat pada lnb dengan kawat, perhatikan diameter LNB nya jangan sampai kekecilan, karena setiap LNB kadang beda ukuran diameter.untuk kawat tembaga caranya juga sama.
Cara pemasangan lnb sekat tembaga ini sama saja dengan cara pasang sekat talenan pada lnb hanya saja lebih mudah. Tapi untuk kualitas nanti kita bandingkan. Untuk teknik sekat lnb memakai kawat tembaga silahkan lihat gambar berikut.
Cara sekat lnb polaritas v/h menjadi l/r dengan kawat
Sekat Kawat tembaga

 2 Sekat lnb dengan talenan 
Untuk membuat sekat pada lnb dengan talenan jelas yang harus di persiapkan adalah talenan.  merek terserah,mungkin yg banyak dipasaran merek Lionstar.karena sudah terkenal dengan peralatan rumah tangga. Untuk harga talenan buat sekat LNB ini sekitar 25rb, soalnya ambil yang kecil buat mencoba saja.
Talenan di potong ternyata bisa bikin sekat lnb 3 buah dengan ukuran sekat panjang 15 cm dan 2 sekat 17 cm  Untuk membuat sekat lnb ini diperlukan pemotong bisa menggunakan gergaji besi. Untuk bentuk sekat lnb si sesuaikan bentuk dalam LNB biar nanti dalam memaksimalkan sinyal lebih mudah.
Menyekat lnb c band dengan Talenan
Sekat Talenan
Sesudah beberapa model sekat lnb di buat, memang sengaja buat lebih dari satu biar lebih enak nanti saat tracking tinggal ganti. Kemudian saatnya pasang sekat lnb. Untuk posisi sekat lnb bisa lihat di gambar berikut
Tampak sekat talenan lnb berada di antara jarum kecil buat vertikal horisontal. Anda bisa mencoba posisi sekat lnb yang lain cari yang paling maximal sinyalnya. Untukpanjang sekat lnb tidak bisa di tentukan, cari yang paling maximal, juga untuk panjang sekat yang keluar dari lnb di tentukan sinyal maximal, jadi bisa di keluar masukkan sesuai maximal kualitas sinyal yang di dapat.
Untuk selanjutnya waktunya tracking satelit yang menggunakan polaritas L R 

0 komentar:

Posting Komentar